Seluk Beluk Pendidikan Karakter

Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, sahabat Learner tercinta dimanapun berada. Kembali bersama MinLi nih sob, untuk sharing mengenai apa dan bagaimana pendidikan karakter itu. Yuks cekidot informasinya berikut ini.

Secara terpisah, pendidikan memiliki pengertian sebagai suatu proses pembelajaran baik itu kebiasaan, keterampilan serta pengetahuan manusia, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Sedangkan karakter, memiliki makna akumulasi dari watak, kepribadian maupun sifat dari suatu individu yang mengarah kepada keyakinan serta kebiasaan dalam kehidupan sehari harinya.
Jadi, dari pengertian keduanya, dapat kita simpulkan, bahwa secara umum pendidikan karakter bermakna, suatu proses pembelajaran secara bertahap mengenai pengembangan watak, sifat dan kepribadian yang lebih baik dari suatu pribadi atau individu, agar dapat menyebarkan manfaat bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya, di dalam pendidikan karakter ini, terdapat nilai-nilai, dimana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi telah menjadikannya sebagai 5 nilai prioritas Penguatan Pendidikan Karakter. Apa saja sih kelima nilai tersebut? Sahabat Learner bisa lihat di bawah ini ya penjelasannya.

1.Nilai Religius
Nilai yang diwujudkan dalam perilaku seperti menjalankan ajaran agama serta kepercayaan yang dianut, serta menghargai adanya perbedaan agama dan kepercayaan lain.

2.Nilai Nasionalis
Nilai yang ditunjukkan dengan adanya perilaku seperti apresiasi kebudayaan bangsa sendiri, sikap disiplin, menjaga lingkungan serta sikap menghargai dan menghormati keragaman budaya bangsa, keragaman agama juga keragaman suku.

3.Nilai Integritas
Nilai yang dijalankan dengan sikap dan perilaku seperti menghargai martabat orang lain, menunjukkan keteladanan, serta sikap tanggung jawab.

4.Nilai Mandiri
Nilai yang diterapkan, dalam berbagai perilaku misalnya menjadi pembelajar sepanjang hayat untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita dengan sekuat tenaga, pikiran dan waktunya.

5.Nilai Gotong-royong
Dengan adanya nilai ini, maka dapat menunjukkan sikap tolong menolong dan memiliki empati serta solidaritas kepada sesama.

Nah, selanjutnya, keberhasilan pendidikan karakter ini, ternyata perlu keterlibatan berbagai pihak, tidak hanya sekolah saja. Ada peran serta keluarga juga komunitas, dalam upaya mewujudkannya sahabat Learner. Sahabat Learner dapat mengembangkan karakter dengan lebih baik, dengan adanya pendidikan karakter ini. Jadi, yuk dukung dengan mulai memahami nilai-nilai tadi, agar sahabat Learner dapat senantiasa berkembang menjadi pribadi baik dan berkarakter, demi membangun Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Salam inspirasi,

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.