Psikologi & Pendidikan

Assalamu’alaikum

Selamat pagi, sahabat Learner yang sangat membanggakan, jumpa lagi nih dengan MinLi dalam info seputar psikologi dan pendidikan. Yuk sob, kita kupas sedikit tentang apa sih sebenarnya manfaat psikologi dalam pendidikan itu.

Nah sahabat Learner pasti pernah berjumpa dengan guru atau tutor yang baik dan pintar kan? Ternyata, guru atau tutor tersebut bisa membuat kalian merasa nyaman dalam belajar juga, sehingga dapat membantu kalian untuk meraih hasil belajar yang terbaik di sekolah. Tahukah kalian, bahwa ternyata beliau beliau ini membuat kalian nyaman, karena bisa memahami sisi psikologi dalam belajar?

Psikologi, menurut Slater (2005), didefinisikan sebagai suatu studi ilmu atau bidang ilmu, yang mempelajari tentang kejiwaan dan tingkah laku manusia. Yang sahabat rasakan ketika nyaman dalam belajar, ketika menjalani pembelajaran bersama guru atau tutor, termasuk dalam psikologi pendidikan. Guru atau tutor tersebut mampu memahami kebutuhan materi belajar kalian, di samping juga kondisi psikis kalian padda saat bersamaan, makanya tak heran ya kalau kalian merasa nyaman saat belajar bersama beliau-beliau semua.

Nah, Learning Indonesia, punya nilai profesional dan kompeten lho sob dari tutor tutornya. Artinya, mereka dibekali dengan kemampuan untuk memahami kebutuhan belajar kalian secara materiil ataupun psikis. Begitu juga dengan bapak ibu guru di sekolah, beliau beliau juga telah dibekali kemampuan untuk memahami kondisi kalian. Jadi bisa paham kan kenapa guru atau tutor itu bisa sesabar itu dalam mengajar kalian dalam sesi pembelajaran.

Harapannya apa sih ketika guru atau tutor dibekali pemahaman psikologis? Ya di samping memahami kebutuhan kalian, juga dapat menyampaikan materi dengan lebih tenang dan tidak terburu buru. Jadi kalian dapat lebih detil menyerap materi yang diberikan selama sesi les privat di Learning Indonesia maupun di sekolah. Kalau sudah begitu, sahabat dapat mengoptimalkan hasil belajar yang maksimal tadi supaya meraih nilai yang baik di sekolah.

Semoga bermanfaat ya sob, salam inspirasi

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *