Empat Cara Belajar Oke untuk Anak SD

Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, para sahabat Learner tercinta. How are you today? Hope’s everything gonna be fine ya sahabat semua.

Kali ini, MinLi ingin sharing bersama kalian nih, tentang cara belajar yang asyik, khususnya untuk sahabat Learner yang saat ini berada di usia Sekolah Dasar atau SD. Harapannya, bisa membantu sahabat Learner semua dalam belajar, ketika kalian sedang sesi les maupun setelah usai sesi les privat bersama tutor Learning Indonesia. Yuk cek informasinya berikut ini sob.

1.Belajar dengan menyenangkan
Sahabat Learner pernah merasa bosan ketika belajar? Nah mungkin ini karena sahabat semua menjalani proses belajar yang kurang seru dan menyenangkan ya. Sahabat bisa menerapkan cara belajar ini agar kalian lebih bersemangat. Sahabat bisa sampaikan kebutuhan belajar yang menyenangkan ini ke tutor Learning Indonesia ataupun kepada orang tua seusai sesi les privat di Learning Indonesia. Insya Allah tutor kami siap menghadirkan les privat dengan menyenangkan ini sahabat. Apabila kalian ingin menerapkannya seusai sesi les, kalian dapat mencoba misalnya belajar di lokasi belajar yang berbeda, atau suasana sekitar yang berbeda dari biasanya. Coba deh sahabat, misalnya kalian biasa belajar di ruang kamar, silahkan dicoba berpindah ke teras rumah atau ruang tamu di rumah kalian.

2.Belajar dengan teratur
Sahabat Learner dapat membangun cara belajar yang baik, dengan menjadikan kegiatan belajar sebagai kebiasaan yang rutin serta teratur. Istilahnyas, “sedikit-sedikit, lama lama menjadi bukit” ya. Jadi, belajar secara harian meskipun sedikit materi yang dipelajari, akan membantu kalian untuk membentuk kebiasaan belajar. Jadi mengurangi rasa tertekan maupun rasa bosan kalian, ketika proses belajar berjalan, karena sudah terbiasa. Kalian juga dapat mulai membangun kebiasaan belajar ini, dengan les privat secara harian maupun mingguan di Learning Indonesia lho. Dengan begitu, kalian tidak perlu menerapkan sistem kebut semalam dalam belajar, karena sudah mencicil beberapa maupun sebagian besar bahan belajar sebelum ujian. Asyik kan?

3.Belajar dengan bermain
Kalian tentu senang bukan ketika diajak bermain? Nah, lebih asyik lagi kalau kalian itu sedang bermain tapi ternyata juga sembari belajar, sahabat Learner. Coba deh kalian sampaikan ke tutor les privat maupun ke mama kalian, untuk menyiapkan mainan maupun benda yang kalian sukai, untuk belajar Matematika misalnya. Sehingga, kalian akan lebih mudah mengingat dan memahami materi belajar Matematika tersebut, dengan lebih cepat pula.

4.Belajar dengan teman
Apabila kalian merasa bahwa kalian lebih menyukai belajar secara kelompok atau bersama teman, maka kalian perlu menyampaikan ke Mama kalian, sahabat Learner. Supaya, nanti mama kalian dapat mengkondisikan ini, setelah kalian mengajak teman kalian belajar bersama. Di Learning Indonesia, juga ada program les privat grup kok, jadi sahabat semua dapat belajar bersama teman-teman ketika sesi les. Selain lebih menyenangkan, kalian juga dapat belajar dari teman-teman kalian ketika belajar, sehingga lebih cepat memahami materi yang kalian belum pahami, dimana ternyata teman kalian sudah lebih dahulu paham.

Nah, demikian tadi empat cara belajar yang asyik dan oke, untuk kalian semua sahabat Learner yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Oh iya, jangan lupa ya untuk segera daftar les privat di Learning Indonesia, agar dapat menikmati proses belajar yang seru dan menyenangkan sahabat semua.

Salam inspirasi

Psikologi & Pendidikan

Assalamu’alaikum

Selamat pagi, sahabat Learner yang sangat membanggakan, jumpa lagi nih dengan MinLi dalam info seputar psikologi dan pendidikan. Yuk sob, kita kupas sedikit tentang apa sih sebenarnya manfaat psikologi dalam pendidikan itu.

Nah sahabat Learner pasti pernah berjumpa dengan guru atau tutor yang baik dan pintar kan? Ternyata, guru atau tutor tersebut bisa membuat kalian merasa nyaman dalam belajar juga, sehingga dapat membantu kalian untuk meraih hasil belajar yang terbaik di sekolah. Tahukah kalian, bahwa ternyata beliau beliau ini membuat kalian nyaman, karena bisa memahami sisi psikologi dalam belajar?

Psikologi, menurut Slater (2005), didefinisikan sebagai suatu studi ilmu atau bidang ilmu, yang mempelajari tentang kejiwaan dan tingkah laku manusia. Yang sahabat rasakan ketika nyaman dalam belajar, ketika menjalani pembelajaran bersama guru atau tutor, termasuk dalam psikologi pendidikan. Guru atau tutor tersebut mampu memahami kebutuhan materi belajar kalian, di samping juga kondisi psikis kalian padda saat bersamaan, makanya tak heran ya kalau kalian merasa nyaman saat belajar bersama beliau-beliau semua.

Nah, Learning Indonesia, punya nilai profesional dan kompeten lho sob dari tutor tutornya. Artinya, mereka dibekali dengan kemampuan untuk memahami kebutuhan belajar kalian secara materiil ataupun psikis. Begitu juga dengan bapak ibu guru di sekolah, beliau beliau juga telah dibekali kemampuan untuk memahami kondisi kalian. Jadi bisa paham kan kenapa guru atau tutor itu bisa sesabar itu dalam mengajar kalian dalam sesi pembelajaran.

Harapannya apa sih ketika guru atau tutor dibekali pemahaman psikologis? Ya di samping memahami kebutuhan kalian, juga dapat menyampaikan materi dengan lebih tenang dan tidak terburu buru. Jadi kalian dapat lebih detil menyerap materi yang diberikan selama sesi les privat di Learning Indonesia maupun di sekolah. Kalau sudah begitu, sahabat dapat mengoptimalkan hasil belajar yang maksimal tadi supaya meraih nilai yang baik di sekolah.

Semoga bermanfaat ya sob, salam inspirasi

Seluk Beluk Pendidikan Karakter

Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, sahabat Learner tercinta dimanapun berada. Kembali bersama MinLi nih sob, untuk sharing mengenai apa dan bagaimana pendidikan karakter itu. Yuks cekidot informasinya berikut ini.

Secara terpisah, pendidikan memiliki pengertian sebagai suatu proses pembelajaran baik itu kebiasaan, keterampilan serta pengetahuan manusia, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Sedangkan karakter, memiliki makna akumulasi dari watak, kepribadian maupun sifat dari suatu individu yang mengarah kepada keyakinan serta kebiasaan dalam kehidupan sehari harinya.
Jadi, dari pengertian keduanya, dapat kita simpulkan, bahwa secara umum pendidikan karakter bermakna, suatu proses pembelajaran secara bertahap mengenai pengembangan watak, sifat dan kepribadian yang lebih baik dari suatu pribadi atau individu, agar dapat menyebarkan manfaat bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya, di dalam pendidikan karakter ini, terdapat nilai-nilai, dimana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi telah menjadikannya sebagai 5 nilai prioritas Penguatan Pendidikan Karakter. Apa saja sih kelima nilai tersebut? Sahabat Learner bisa lihat di bawah ini ya penjelasannya.

1.Nilai Religius
Nilai yang diwujudkan dalam perilaku seperti menjalankan ajaran agama serta kepercayaan yang dianut, serta menghargai adanya perbedaan agama dan kepercayaan lain.

2.Nilai Nasionalis
Nilai yang ditunjukkan dengan adanya perilaku seperti apresiasi kebudayaan bangsa sendiri, sikap disiplin, menjaga lingkungan serta sikap menghargai dan menghormati keragaman budaya bangsa, keragaman agama juga keragaman suku.

3.Nilai Integritas
Nilai yang dijalankan dengan sikap dan perilaku seperti menghargai martabat orang lain, menunjukkan keteladanan, serta sikap tanggung jawab.

4.Nilai Mandiri
Nilai yang diterapkan, dalam berbagai perilaku misalnya menjadi pembelajar sepanjang hayat untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita dengan sekuat tenaga, pikiran dan waktunya.

5.Nilai Gotong-royong
Dengan adanya nilai ini, maka dapat menunjukkan sikap tolong menolong dan memiliki empati serta solidaritas kepada sesama.

Nah, selanjutnya, keberhasilan pendidikan karakter ini, ternyata perlu keterlibatan berbagai pihak, tidak hanya sekolah saja. Ada peran serta keluarga juga komunitas, dalam upaya mewujudkannya sahabat Learner. Sahabat Learner dapat mengembangkan karakter dengan lebih baik, dengan adanya pendidikan karakter ini. Jadi, yuk dukung dengan mulai memahami nilai-nilai tadi, agar sahabat Learner dapat senantiasa berkembang menjadi pribadi baik dan berkarakter, demi membangun Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Salam inspirasi,

SNMPTN & UTBK SBMPTN 2022

Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, sahabat Learner tercinta dimanapun berada. Kali ini, MinLi menjumpai sahabat semua dengan informasi seputar SNMPTN & UTBK 2022 nih. Saat ini, jadwal SNMPTN & UTBK 2022 sudah rilis lho, dan sudah mulai memasuki fase pendaftaran akun SNMPTN, baik bagi sekolah maupun siswa. Yuk cekidot jadwalnya sob, untuk persiapan kalian dalam SNMPTN & UTBK SBMPTN 2022 ini.

SNMPTN 2022
Situs resmi LTMPT telah menyiarkan jadwal SNMPTN 2022 di website ltmpt.ac.id sahabat Learner semua, dengan informasi sebagai berikut :

1.Sosialiasi PDSS : 1 Desember 2021 – 08 Februari 2022
2.Sosialisasi SNMPTN : 1 Desember 2021 – 28 Februari 2022
3.Launching PMB : 4 Januari 2022
4.Penetapan siswa eligible : 4 Januari 2022 – 8 Februari 2022
5.Pengisian PDSS : 8 Januari 2022 – 8 Februari 2022
6.Pendaftaran SNMPTN : 14 Februari 2022 – 28 Februari 2022
7.Pengumuman Hasil : 29 Maret 2022

Nah, itulah informasi seputar tahapan kegiatan dan jadwal dari tiap tiap kegiatan pada SNMPTN 2022 ini, sahabat semua. Sebagai informasi, apabila kalian berencana untuk mempersiapkan diri menuju SNMPTN 2023, ada baiknya segera belajar dengan lebih baik, agar nilai rapor kalian meningkat ya. Kalian dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti les privat di Learning Indonesia, supaya dapat mempersiapkan diri dengan didampingi tutor kami yang profesional dan kompeten.

Oke, selanjutnya MinLi akan informasikan jadwal UTBK SBMPTN 2022 untuk kalian, di bawah ini nih informasinya.

UTBK SBMPTN 2022
Untuk saat ini, tahapan kegiatan UTBK SBMPTN 2022 masih masuk dalam tahapan kegiatan sosialisasi sob. Seperti apa detail jadwal per kegiatannya, antara lain sebagai berikut :

1.Sosialisasi UTBK SBMPTN : 1 Desember 2021 – 15 April 2022
2.Pembuatan akun di website LTMPT : 14 Februari 2022 – 17 Maret 2022
3.Pendaftaran UTBK SBMPTN : 23 Maret 2022 – 15 April 2022
4.Pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 1 : 17 Mei 2022 – 23 Mei 2022
5.Pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 2 : 28 Mei 2022 – 3 Juni 2022
6.Pengumuman SBMPTN : 23 Juni 2022
7.Masa unduh sertifikat UTBK SBMPTN : 25 Juni 2022 – 31 Juli 2022

Sahabat Learner sudah siap belum nih untuk UTBK SBMPTN 2022? Karena tenggat waktunya semakin dekat lho. Bagi kalian yang belum merasa siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022, MinLi punya kabar baik nih. Ada diskon 10% untuk semua program paket les privat di Learning Indonesia, khusus untuk sahabat Learner tercinta. Langsung saja sahabat mendaftarkan diri melalui no WA 0821-3708-0454, untuk mengamankan seat promonya. Karena seat promonya terbatas banget, hanya untuk 20 pendaftar saja sob. Jadi tunggu apalagi, segera amankan seat promonya, dan amankan seat impian kalian di perguruan tinggi negeri tahun ini.

Salam inspirasi,

Macam macam Teknik Mengajar

Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, sahabat Learner tercinta dimanapun berada,

MinLI pada tahun baru 2022 ini, akan share info menarik seputar dunia pendidikan untuk kalian semua. Kali ini, temanya addalah seputar teknik mengajar siswa yang baik. Sebagaimana kita ketahui, Learning Indonesia adalah lembaga bimbel privat yang telah berdiri sejak 5 tahun yang lalu, dengan tutor yang berkompeten serta kreatif. Nah, tutor Learning Indonesia ini juga dibekali dengan kemampuan serta teknik mengajar les privat yang baik. Kira-kira, apa saja sih teknik mengajar siswa yang baik itu, sahabat Learner? Let’s cekidot infonya.

1. Berikan atensi/perhatian
Dalam belajar, kalian tentu akan lebih menyukai kalau tutor privat Learning Indonesia memberikan perhatian kepada kalian kan? Nah ini adalah salah satu teknik utama dalam tutor kami, menyampaikan materi pembelajarannya, sahabat Learner. Misalnya, ketika kalian baru memulai sesi les privat, maka tutor Learning Indonesia akan mengucapkan salam dan menanyakan kabar kalian. Seperti misalnya, “Hai kak, how are you today?” Tentunya disertai dengan ekspresi dan senyuman terbaiknya bagi kalian.

2. Interaktif
Tutor Learning Indonesia selalu berusaha untuk memberikan feedback dan respon yang baik, pada setiap pertanyaan kalian tentang materi ataupun kesulitan dalam pengerjaan soal, sahabat Learner. Ketika kalian memiliki beberapa pertanyaan seputar soal Matermatika yang bikin pusing, atau soal Bahasa Inggris yang kalian tidak tahu artinya, langsung saja ditanyakan sob. Tim tutor les privat kami akan berusaha memberikan respon terbaik, disertai dengan diskusi yang komunikatif, untuk menyelesaikan permasalahan dan kesulitan kalian.

3. Memaksimalkan Teknologi
Apabila kalian membutuhkan bantuan alat visual tambahan, materi suplemen ataupun fasilitas pendukung belajar lainnya, maka jangan sungkan ya untuk menyampaikannya kepadda tutor les privat Learning Indonesia. Karena, tim tutor kami akan berupaya untuk memberikan dukungan terbaik dalam upaya penyelesaian masalah kalian, dengan tools yang memungkinkan untuk disediakan oleh mereka. Contohnya, kalian ingin melihat video tentang materi belajar Matematika tertentu karena masih bingung terkait memahami materinya, maka tutor les privat Learning Indonesia insya Allah akan membantu kalian.

4. Solutif
Tentunya sahabat Learner tidak terlepas dari pekerjaan rumah dari sekolah ataupun tugas dari guru kan? Nah, ketika sesi les privat bersama Learning Indonesia, sahabat bisa menanyakan cara pengerjaan dan penyelesaian soal PR ataupun tugas tadi kepada tutor kami. Harapannya, sahabat Learner bisa memahami dan mengerti cara penyelesaian tugas ddan PR tersebut, yang kemudian juga dapat meningkatkan prestasi akademik kalian di sekolah juga sob.

Bagaimana? Asyik kan les privat bersama tutor di Learning Indonesia? Nah tunggu apalagi sahabat Learner, segera daftarkan diri sahabat sekarang juga di Learning Indonesia melalui nomor WA 08213708045, wait no more!

Salam inspirasi

Deskripsi Finlandia Sebagai Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia merupakan negara yang memiliki tingkat kualitas pendidikan terbaik di dunia. Finlandia merupakan sebuah negara yang hanya memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa. Salah satu sebab mengapa Finlandia mempunyai pendidikan terbaik adalah budaya baca yang ditanamkan sejak anak-anak. Berikut beberapa kebijakan negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Berikut 7 Kebijakan Tentang Pendidikan Terbaik di Finlandia  Read more

Pendidikan Nasional yang Bermoral

Oleh Arif Luqman Nadhirin

Memang harus kita akui ada diantara (oknum) generasi muda saat ini yang mudah emosi dan lebih mengutamakan otot daripada akal pikiran. Kita lihat saja, tawuran bukan lagi milik pelajar SMP dan SLTA tapi sudah merambah dunia kampus (masih ingat kematian seorang mahasiswa di Universitas Jambi, awal tahun 2002 akibat perkelahian didalam kampus). Atau kita jarang (atau belum pernah) melihat demonstrasi yang santun dan tidak menggangu orang lain baik kata-kata yang diucapkan dan prilaku yang ditampilkan. Kita juga kadang-kadang jadi ragu apakah demonstrasi yang dilakukan mahasiswa murni untuk kepentingan rakyat atau pesanan sang pejabat. Read more

Deskripsi Finlandia Sebagai Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia merupakan negara yang memiliki tingkat kualitas pendidikan terbaik di dunia. Finlandia merupakan sebuah negara yang hanya memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa. Salah satu sebab mengapa Finlandia mempunyai pendidikan terbaik adalah budaya baca yang ditanamkan sejak anak-anak. Berikut beberapa kebijakan negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Berikut 7 Kebijakan Tentang Pendidikan Terbaik di Finlandia  Read more

Guru Sejati dan Revolusioner

Oleh : Arif Luqman Nadhirin

Setiap orang pasti sepakat kalu seorang guru harus menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat. Bukahkah guru itu digugu lan ditiru. Namun, apakah guru cukup menjadi teladan? Menurut penulis tidak. Mengapa? Karena guru juga harus sejati dan revolusioner. Artinya, yang perlu disoroti di sini juga semangat guru dalam mengemban tugas mulianya. Read more

Kontribusi Psikologi terhadap Pendidikan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah sejak lama bidang psikologi pendidikan telah digunakan sebagai landasan dalam pengembangan teori dan praktek pendidikan dan telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan, diantaranya terhadap pengembangan kurikulum, sistem pembelajaran dan sistem penilaian. Read more